Jadwal Kerja…

Jadwal Kerja… Gambar diolah dari akun Lindsey Turner di flickr.com

Seketika kembali terlintas ingatan saat masih menimba ilmu di sebuah sekolah dasar (SD). Saat itu jadwal dan jam mata pelajaran telah diatur sedemikian rupa dan dituangkan dalam selembar kertas yang bertuliskan “Jadwal Pelajaran”. Seluruh elemen sekolah tunduk dan taat pada jadwal yang telah dibuat. Para murid yang masih kecil dan polos itu manut dengan jadwal yang dibuat. Bisa dikatakan semuanya manut, great!

Tapi… Ada tapinya nih!

Beda halnya dengan ketika beranjak menjadi dewasa. Ketika sudah bisa mencari penghasilan sendiri, ketika sudah bergabung dengan kantor, perusahaan, ataupun suatu institusi. Di sana ada yang biasanya dibuatkan jadwal giliran kerja atau mungkin pendinasan. Nah, oleh oknum tertentu, jadwal itu bisa saja diubah dan diakali supaya si oknum ini dapat giliran pembagian waktu yang menurutnya menguntungkan dirinya, sementara pekerja lainnya yang seharusnya tidak mendapat giliran pada saat yang mungkin tidak dikehendakinya menjadi kena imbasnya.

Begitulah adanya. Tak semua orang itu bisa ada di jalan lurus. Silakan Anda nilai sendiri. Eits, saya tak mengatakan kalau si oknum itu culas atau licik lho ya! Enggak, saya gak bilang! Sekali lagi nih, saya gak bilang kalau si oknum itu culas atau licik lho ya. Nggak! Anda yang mungkin bilang begitu…