Objektika

Objektika merupakan sebuah kajian mengenai bagaimana seseorang memilih dan memanfaatkan objek fisik dalam komunikasi non-verbal. Karena boleh dikatakan bahwa objek fisik ataupun benda-benda dapat mengkomunikasikan sesuatu. Busana merupakan salah satu objek tersebut yang dapat mengekspresikan suatu pesan tertentu.

Banyak pesakitan yang duduk di persidangan dengan tiba-tiba menggunakan peci, jilbab, ataupun lainnya sementara sebelumnya tidak menggunakannya. Peci, jilbab, ataupun janggut mungkin memang merupakan simbol kesalehan sejati. Tapi kau tahu sendiri, laki-laki berjanggut yang semula dianggap saleh itu ternyata seorang penerima suap. Dan saya rasa Anda juga tahu, perempuan berjilbab yang teduh itu ternyata koruptor kelas kakap.

Tak ada yang tahu akhir kisah petualangan hidup seorang ustadz apakah berakhir indah ataupun tidak. Tak ada juga yang tahu akhir kisah petualangan hidup seorang wanita tuna susila apakah berakhir indah ataupun tidak. Kau hanya diharuskan meniti pada jalan yang lurus.

Mungkin kau boleh menilai seseorang dari kondisinya pada saat itu, tapi tak ada yang bisa menilai dan mengetahui kepastian hidup seseorang selain-Nya.  Maka tak sekalipun kau berhak menilai akhir perjalanan mereka! Ya, tak berhak…